Dalam
sekolah apapun Sumber Daya Manusia (SDM) menempati kedudukan yang paling vital.
Memang diakui bahwa biaya itu penting. Demikian pula sarana, prasarana dan
teknologi. Namun ketersediaan sumber-sumber daya itu menjadi sia-sia apabila
ditangani oleh orang-orang yang tidak kompeten dan kurang komitmen.
Dalam
arti yang tradisional, konsep pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan
terbatas pada urusan-urusan manajemen operatif, seperti mengelola data tenaga
pendidik dan kependidikan (record keeping), penilaian kinerja yang bersifat
mekanistik (mechanical job evaluation), kenaikan pangkat dan gaji secara
otomatis (automatic merit increase).
Perhatian terhadap SDM pada masa kini
mencakup aspek-aspek yang berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan tenaga
pendidik dan kependidikan (fisik, emosional dan sosial), yang akan berpengaruh
secara signifikan terhadap cara-cara mereka bertugas, dan dengan sendirinya
berpengaruh terhadap produktivitas mereka.
MSDM pada masa kini
memfasilitasi aktualisasi dan pengembangan kompetensi para tenaga pendidik dan
kependidikan melalui program-program pengembangan dan pemberdayaan yang
dilakukan secara sistematik. Pengembangan dan pemberdayaan SDM merupakan bagian
dari MSDM yang memiliki fungsi untuk memperbaiki kompetensi, adaptabilitas dan
komitmen para tenaga pendidik dan kependidikan. Dengan cara demikian sekolah
memiliki kekuatan bukan saja sekedar bertahan (survival), melainkan tumbuh (growth),
produktif (productive), dan
kompetitif (competitive). Dan dalam
proses demikian, dukungan SDM yang kuat melahirkan sekolah yang memiliki
adaptabilitas dan kapasitas memperbaharui dirinya (adaptability and self-renewal capacity). Selengkapnya DOWNLOAD
0 komentar:
Posting Komentar