--Terima Kasih Saya Ucapkan Kepada Seluruh Kepala Sekolah SMP, Bapak/Ibu Dewan Guru SMP Yang Telah Membantu Saya Dalam Mengikuti Lomba Pengawas Tingkat Provinsi Jawa Barat Sehingga Saya Terpilih Menjadi Juara 1 Pengawas SMP Tingkat Provinsi Jawa Barat, Dan Mohon Doanya Untuk Bersiap Mengikuti Lomba Pengawas Tingkat Nasional--l

Senin, 01 Juli 2013

KTI : Kepala Sekolah Sebagai Supervisor


Banyaknya sumber daya manusia yang rendah tingkat kualitasnya merupakan dampak dan konsekuensi dan manajemen pendidikan. Kemerosotan dunia pendidikan kita haruslah mendapatkan perhatian concern bukan lagi perhatian dan saran yang asal-asalan agar profesionalisme yang didambakan tidak sembarang jadi sehingga dunia pendidikan tidak dipandang sebelah mata oleh dunia luar dan yang Iebih penting lagi adalah masyarakat akan menjadi puas dan bangga bila profesionalisme dunia pendidikan benar-benar nyata adanya. Untuk itu bagaimana upaya kita dalam meningkatkan profesionalisme dunia pendidikan tersebut.

Kepala sekolah sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pendidikan di tingkat sekolah dituntut mengoptimalkan pemberdayaan komponen yang ada untuk mencapai tujuan pendidikan. Hal ini sangat penting guna memberi acuan langkah dalam mewujudkan idealisme perencanaan dunia pendidikan dalam lingkup sekolah yang dipimpinnya.
Kepala sekolah selaku manajer mempunyai tugas menyusun perencanaan, mengorganisasikan kegiatan, mengarahkan kegiatan, mengkoordinasikan kegiatan, melaksanakan pengawasan, melakukan evaluasi terhadap kegiatan, menentukan kebijaksanaan, mengadakan rapat, mengambil keputusan serta mengatur proses belajar mengajar. Bahwa kegiatan manajemen tersebut harus diwujudkan secara terpadu sehingga sebagai sub system yang merupakan fungsi primer akan berdaya guna secara optimal bagi keseluruhan proses adminstrasi sebagai total sistem.
Kepala sekolah yang baik selalu memperhatikan tentang pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam pekerjaannya. Oleh sebab itu maka pengembangan, peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dan menjadi tanggung jawab sekolah. Dalam kepemimpinan pendidikan kepala sekolah / madrasah bertanggung jawab dalam pelaksanaan peningkatan kemampuan profesional dan keterampilan guru-guru yang dipimpinnya.
Keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan pendidikan banyak tergantung pada mutu kegiatan dalam proses belajar mengajar yang diselenggarakan di sekolah, pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar yang bermutu adalah kunci keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu para pelaksana pengajar memerlukan "Supervisi" yaitu pelayanan berupa bantuan atau usaha dalam menstimulasi dan membimbing para guru, siswa dan staf sekolah untuk meningkatkan mutu kegiatan proses belajar mengajar. Pelaksana utama yang terlibat langsung dalam proses belajar mengajar adalah guru. Mereka memerlukan bantuan dan bimbingan agar mutu kegiatan proses belajar mengajar meningkat. Selengkapnya Silakan DOWNLOAD

0 komentar:

Posting Komentar